Arab Saudi Tingkatkan Impor Vaksin dari Indonesia

Kompas.com - 16/03/2016, 13:25 WIB
Ilustrasi ShutterstockIlustrasi
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika
JEDDAH, KOMPAS.com - Arab Saudi berencana meningkatkan impor vaksin dari Indonesia secara bertahap. Hal ini menyusul kesuksesan Bio Farma dalam memproduksi vaksin yang berhasil lulus kualifikasi World Health Organization (WHO).

Bio Farma merupakan satu-satunya perusahaan dari Indonesia, negeri muslim terbesar di Asia, yang mendapatkan predikat tersebut. Hal ini ditegaskan Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Jeddah, Gunawan.

Menurut Gunawan, berdasarkan data trade statistics for international business development di 2014, Indonesia telah berhasil mengekspor produk vaksin ke seluruh dunia senilai lebih dari 114 juta dollar AS.

Sedangkan Arab Saudi mengimpor vaksin dari seluruh dunia senilai lebih dari 270 juta dollar AS.

“Pemerintah akan bersinergi mencari terobosan baru untuk dapat membantu peningkatan ekspor vaksin,” jelas Gunawan, melalui rilis ke Kompas.com.

Corporate Secretary Bio Farma Rahman Rustan menyatakan saat ini jenis vaksin yang telah diekspor ke Arab Saudi masih terbatas pada vaksin DT, Polio, dan Pentabio (DTP-HepB-HiB).

Diharapkan ke depan, jenis vaksin lain dapat menembus pasar Timur Tengah.

Bio Farma adalah salah satu BUMN farmasi terbesar di Indonesia yang berlokasi di Bandung.

Menurut Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, Maura Linda Sitanggang, Bio Farma telah memasok ke lebih dari 130 negara di dunia dan termasuk ke 49 negara Islam.

Proses pemasaran dilakukan secara bilateral juga melalui UNICEF.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.