Idealnya, Penurunan BI Rate Diikuti Penurunan Suku Bunga LPS

Kompas.com - 21/03/2016, 12:45 WIB
Ilustrasi Kantor LPS Baihaki/KONTANIlustrasi Kantor LPS
|
EditorAprillia Ika
JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan atau BI Rate menjadi 7 persen. Lalu, bagaimana dengan suku bunga Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) atau LPS Rate?

Kepala Ekonom PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk Ryan Kiryanto menyatakan, penurunan BI Rate sebesar 25 basis poin tersebut sebaiknya diikuti oleh penurunan LPS Rate.

Dia menuturkan, harapan penurunan LPS Rate ini bukan tanpa sebab. Menurut dia, penurunan LPS Rate dapat mendorong arah suku bunga kredit menuju single digit sesuai dengan harapan pemerintah.

"Alhasil, perbankan akan lebih agresif ekspansi kredit untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," kata Ryan ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (20/3/2016).

Bebearapa waktu lalu, LPS telah melakukan evaluasi tingkat bunga penjaminan untuk simpanan dalam rupiah dan valuta asing (valas) di Bank Umum serta untuk simpanan dalam rupiah di Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Tingkat Bunga Penjaminan untuk periode 15 Januari 2016 sampai dengan 14 Mei 2016 tidak mengalami perubahan. Perinciannya adalah untuk bank umum dalam rupiah mencapai 7,5 persen dan dalam valas mencapai 1,25 persen.

Adapun untuk BPR dalam rupiah adalah 10 persen. Menurut LPS, apabila suku bunga simpanan yang diperjanjikan antara bank dengan nasabah penyimpan melebihi Tingkat Bunga Penjaminan simpanan, maka simpanan nasabah dimaksud menjadi tidak dijamin.

Bank diharuskan memberitahukan kepada nasabah penyimpan mengenai Tingkat Bunga Penjaminan simpanan yang berlaku dengan menempatkan informasi dimaksud pada tempat yang mudah diketahui oleh nasabah penyimpan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X