Ini Lima Rekomendasi ICCC untuk Kembangkan Ekonomi Kreatif di Indonesia

Kompas.com - 01/04/2016, 16:08 WIB
Para pengembang aplikasi lokal tengah mengikuti Hackathon di Digital Lounge Telkom Malang, Rabu (30/3/2016). Kegiatan ini digelar untuk mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif. KOMPAS.com / Bambang PJPara pengembang aplikasi lokal tengah mengikuti Hackathon di Digital Lounge Telkom Malang, Rabu (30/3/2016). Kegiatan ini digelar untuk mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif.
EditorBambang Priyo Jatmiko

MALANG, KOMPAS.com - Konferensi Kota Kreatif Indonesia (ICCC) 2016 mendorong berbagai pihak untuk berkolaborasi guna mendorong berkembangnya ekonomi kreatif di Indonesia.

(Baca: Pemerintah Cari Masukan untuk Pengembangan Ekonomi Kreatif pada ICCC di Malang)

Hal ini merupakan salah satu rekomendasi yang dihasilkan dalam pertemuan yang digelar di Malang pekan ini, Rabu (30/3/2016) hingga Jumat(1/4/2016).

Deputi Infrastruktur Badan Ekonomi Kreatif Hari S. Sungkari menuturkan sejak diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) memunculkan tantangan tersendiri bagi Indonesia.

Digelarnya konferensi ini diharapkan mampu mendorong terwujudnya kota kreatif yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, utamanya dalam menghadapi MEA.

"Konferensi ini bertujuan untuk membahas isu seputar ekonomi dan industri kreatif agar bisa berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya Jumat (1/4/2016).

Adapun rekomendasi yang dihasilkan dari ICCC 2016 yang digelar di Malang adalah, pertama, mendorong lebih banyak kabupaten/ kota untuk melakukan pengkajian secara mandiri yang mampu membangun perkumpulan stakeholders dan program kerja untuk mendorong ekonomi kreatif.

Rekomendasi kedua adalah mendorong upaya pemetaan potensi kota, industri, ekonomi kreatif yang telah ada, beserta penguatannya.

Ketiga, mendorong penguatan simpul kreatif dan munculnya pemantik dan penggerak potensi kreativitas "creative engine".

Keempat, mendorong peningkatan kapasitas, kompetensi, dan perlindungan talenta serta lahirnya talenta baru di berbagai subsektor dan lini.

Rekomendasi kelima, yakni mendorongtumbuhnya jejaring infrastruktur, kerjasama seraca horisontal dan vertikal, rangkaian kegiatan pemasaran dan pembangunan jejaring kreatif di semua lini yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten/ kota/ provinsi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X