Rugi Besar, Raksasa Minyak Brasil Akan PHK 12.000 Karyawan

Kompas.com - 03/04/2016, 11:45 WIB
|
EditorAprillia Ika

LONDON, KOMPAS.com - Perusahaan minyak milik negara Brasil, Petrobras menyatakan akan melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 12.000 karyawan hingga tahun 2020 mendatang. Program sukarela akan membantu Petrobras menghemat 9 miliar dollar AS.

Petrobras selama ini telah mencoba bertahan di tengah beragam gejolak yang menghantam perseroan, termasuk kerugian akibat fixing harga dan skandal korupsi.

Selain itu, Petrobras juga terpukul akibat harga minyak global. Petrobras melaporkan kerugian selama dua tahun berturut-turut.

Dengan pengimplementasian program PHK karyawan, penghematan setidaknya sebesar 1,23 miliar dollar AS. Sejak lama Petrobras adalah salah satu perusahaan penyerap tenaga kerja dengan jumlah terbesar di Brasil.

Tercatat setidaknya 80.000 orang bekerja di Petrobras. Kerugian Petrobras pada kuartal IV 2015 tercatat 10,2 miliar dollar AS, usai mengalami kerugian di ladang minyak dan proyek pemurnian.

Skandal korupsi yang melibatkan fixing harga dan kemelut politik dalam dua tahun terakhir telah memperkeruh keyakinan dalam bisnis Petrobras. Beberapa eksekutif perusahaan itu pun dijebloskan ke penjara.

Beberapa waktu lalu, CEO Petrobras Aldemir Bendine menyatakan jawaban atas krisis yang dialami perseroan adalah melakukan pengurangan ukuran perusahaan alias downsizing. Petrobras secara drastis mengurangi jumlah karyawan, aset, dan investasi guna kembali kompetitif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber BBC News
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.