Standard Chartered Fokus Fasilitasi Investasi Reksa Dana "Offshore" Syariah

Kompas.com - 06/04/2016, 06:15 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS – Standard Chartered Bank sebagai Bank Kustodi Global menerima banyak permintaan informasi dari fund manager di Indonesia terkait bagaimana bank dapat memberi solusi bagi mereka untuk instrumen investasi luar negeri (offshore) syariah.

Bank kemudian menggelar diskusi panel bertajuk “Investasi Reksa Dana Indonesia di Saham Luar Negeri berbasis Syariah” beberapa waktu lalu.

Hal itu sebagai upaya untuk meyakinkan para fund manager untuk bekerjasama dengan bank dalam menggelar investasi reksa dana offshore syariah.

"Melalui kemitraan dengan Standard Chartered Bank di Indonesia, Fund Managers bisa mendapatkan akses layanan kustodi serta kliring ke berbagai pasar sekuritas di luar negeri hanya melalui satu akses dan layanan antarmuka," kata Country Head of Transaction Banking of Standard Chartered Bank Indonesia Michael Sugirin melalui rilis ke Kompas.com.

Seperti diketahui pada November 2015 OJK melonggarkan kebijakan pengelolaan investasi luar negeri bisa mencapai 100 persen, namun hanya untuk reksa dana syariah.

Kebijakan baru ini membuka kesempatan baru bagi para fund manager untuk mengembangkan portfolio investasi mereka.

Laporan terakhir menunjukkan bahwa terdapat lebih dari 1.000 buah produk reksa dana berbasis syariah bervolume hingga lebih dari 60 miliar dollar AS.

Nasabahnya tersebar di wilayah Kerajaan Arab Saudi, Malaysia, Luxembourg, serta di Asia, Eropa, dan Afrika.

Saat ini, Standard Chartered beroperasi di negara-negara dimana lebih dari dua-pertiga pasar reksa dana berbasis syariah berada.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.