Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

HSBC: Orang Indonesia Belum Siap Menyambut Hari Tua

Kompas.com - 12/04/2016, 13:30 WIB
Iwan Supriyatna

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - The Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC) melakukan survey terhadap 1.000 orang Indonesia dari berbagai kalangan baru-baru ini. 

Hasil survey menyebutkan, orang Indonesia cenderung tidak menyiapkan antisipasi masa tua. Padahal,  kesehatan di masa tua paling mengkhawatirkan.

Menurut HSBC, baru sebagian kecil masyarakat Indonesia yang telah menyiapkan perencanaan finansial jangka panjangnya dengan baik dan strategis.

Studi HSBC bertajuk "The Power of Protection Confidence in the Future" mengungkapkan  beberapa permasalahan masyarakat Indonesia ketika tua.

Masyarakat Indonesia mengkhawatirkan kondisi kesehatan fisik (64 persen), kesehatan keuangan (54 persen), serta kualitas hidup (43 persen) di usia tua, atau ketika mereka tak produktif lagi.

Temuan HSBC menyebutkan, sekitar satu dari tiga orang Indonesia menyatakan belum siap dalam menyambut hari tua mereka.

"Kesehatan menjadi perhatian terbesar karena mereka meyakini gangguan kesehatan akan berdampak luas terhadap banyak hal," ujar Head of Retail Banking & Wealth Management HSBC Indonesia Blake Hellam di Jakarta, Selasa (12/4/2016).

Senior Vice President and Head of Wealth Management HSBC Indonesia Steven Suryana menambahkan, sebanyak 72 persen responden khawatir gangguan kesehatan akan berdampak pada kualitas kehidupan terutama masalah finansial.

Dalam seminar HSBC Wealth & Beyond Personal Economy Forum, disebutkan sebagian masyarakat Indonesia khawatir jika kesehatannya terganggu. 

Sebab hal itu akan berpengaruh pada kemampuannya dalam membiayai hidup, keharmonisan keluarga, serta kualitas hidup di usia tua atau ketika masyarakat tidak produktif lagi.

HSBC mendorong publik agar tidak terlambat atau menunda melakukan perencanaan finansial jangka panjang yang sangat diperlukan untuk jaminan kesejahteraan masa depan.

"Tantangan terbesar yang sering dihadapi oleh masyarakat Indonesia menghadapi masa depan adalah keterlambatan dalam melakukan perencanaan dan masih adanya budaya menunda," pungkas Steven.

Kompas TV Mengatasi Pengeluaran Tak Terduga di Tahun Baru

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com