Gandeng Sucofindo, Kemenkop akan Sertifikasi Produk UKM yang Masuk Pasar Ekspor

Kompas.com - 30/04/2016, 10:08 WIB
Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi dok Kemenkop UKMDirektur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi
EditorBambang Priyo Jatmiko

DENPASAR, KOMPAS.com - Kementerian Koperasi dan UKM akan menggandeng PT Sucofindo untuk pemberian sertifikasi produk-produk usaha mikro dan kecil yang berorientasi ekspor.

Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LPP KUKM) Kementerian Koperasi dan UKM Ahmad Zabadi menuturkan produk-produk yang berorientasi ekspor membutuhkan sertifikasi kualitas sebelum masuk pasar di mancanegara.

Karena itu, pihaknya akan menggandeng BUMN tersebut untuk membantu memberikan sertifikasi kepada pelaku usaha UMKM yang akan mengekspor produknya.

"Pertengahan tahun ini kami akan mulai sertifikasi. Untuk tahap awal, ada sekitar 11 UMKM yang produknya disertifikasi Sucofindo," ujarnya, usai pembukaan Festival Semarapura, Jumat (29/4/2016) malam.

Beberapa produk UMKM yang disertifikasi di antaranya furniture, aksesoris fashion, hingga produk manufaktur.

Dengan metode ini, pasar di luar negeri akan mendapatkan jaminan kualitas untuk produk barang-barang asal Indonesia.

LPP KUKM merupakan pengelola gedung pameran Smesco, yang berada di jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan. Institusi ini memiliki tugas meningkatkan pemasaran berbagai produk UMKM nasional.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X