Kompas.com - 09/05/2016, 06:01 WIB
Menteri Perminyakan Arab Saudi Al Naimi forum kompasMenteri Perminyakan Arab Saudi Al Naimi
|
EditorAprillia Ika

RIYADH, KOMPAS.com - Arab Saudi memecat menteri minyak Ali al-Naimi. Pemberhentian al-Naimi kabarnya guna membatasi polemik di negara itu akibat jatuhnya harga minyak dengan cara mencopot pejabat senior berusia 80 tahun tersebut.

Al-Naimi menjabat menteri minyak sejak tahun 1995. Sejak lama, al-Naimi dipandang sosok yang selama ini berada di balik kebijakan energi Arab Saudi.

Selanjutnya, jabatan menteri minyak akan dipegang oleh Khalid al-Falih, pimpinan perusahaan minyak milik pemerintah, Saudi Aramco.

Kementerian Minyak juga diganti namanya menjadi Kementerian Energi, Industri, dan Pertambangan.

Beberapa bulan terakhir, al-Naimi telah mewakili Arab Saudi dalam berbagai pembicaraan dengan negara-negara penghasil minyak utama dunia.

Ia bersikeras bahwa Arab Saudi tidak akan memangkas produksi di tengah jatuhnya harga minyak dunia.

Sebaliknya, al-Naimi meyakinkan negara-negara tersebut untuk menahan produksi minyak pada level yang ada saat ini. Akan tetapi, penahanan produksi itu belum terealisasi hingga kini.

Pada saat yang sama, deputi putra mahkota Arab Saudi Mohamed bin Salman menyatakan Arab Saudi tidak akan setuju menahan produksi kecuali Iran, pesaing utamanya di regional, juga melakukan hal serupa.

Para ahli memandang kekuatan kebijakan Arab Saudi terlihat berkonsolidasi di bawah Bin Salman, yang memangku jabatan menteri pertahanan dan berada di urutan kedua tahta kerajaan itu.

Bulan lalu, Bin Salman mengumumkan rencana ambisius untuk mendiversifikasi ekonomi guna menjadikan Arab Saudi sebagai 15 besar ekonomi terbesar dunia.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNN Money
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.