Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada "Tour de Flores", Keterisian Hotel dan Pesawat ke Larantuka Penuh

Kompas.com - 19/05/2016, 08:26 WIB
Yoga Sukmana

Penulis

LARANTUKA, KOMPAS.com - Tingkat keterisian hotel di Larantuka melonjak seiring dengan penyelenggaran balap sepeda Tour de Flores 2016.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius Ardu Jelamu, keterisian kursi penerbangan ke Larantuka juga sudah penuh sejak beberapa hari lalu.

"Hotel semua full, ini kami tidak lagi mendapatkan kamar di Larantuka," ujar Marius kepada Kompas.com, Rabu (18/5/2016) malam.

"Penerbangan ke Larantuka, susah. Sudah tidak bisa lagi membeli tiket secara mendadak. Jadi satu atau dua minggu sebelum pembukaan Tour de Flores ini harus sudah dipesan," lanjut Marius.

Situasi tersebut, kata dia, tidak hanya terjadi di Larantuka. Beberapa daerah lain yang jadi bagian etape Tour de Flores, yakni Maumera, Ende, Bajawa, dan Labuan Bajo, keterisian kamar hotel dan pesawat sudah penuh.

Pemerintah Provinsi  NTT mengakui ada keterbatasan infrastuktur penginapan di Larantuka dan daerah kain yang disinggahi para pebalap sepeda Tour de Flores.

Meski begitu, ia memastikan bahwa hotel-hotel yang ada sudah sangat siap menyambut para wisatawan yang datang lantaran magnet penyelenggaraan Tour de Flores 2016.

Untuk mengantisipasi lonjakan wisatawan itu, Pemerintah Provinsi NTT sudah menjalin kerjasama dengan rumah khalwat susteran yang ada disejumlah daerah di NTT.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com