Peluang Ekspor Produk Halal ke Jepang Terbuka Lebar

Kompas.com - 25/05/2016, 06:45 WIB
Pasaran daging halal semakin meningkat bagi peternak di Australia. ABCPasaran daging halal semakin meningkat bagi peternak di Australia.
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – Terpilihnya Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 2020 memicu peningkatan kunjungan ke Jepang dalam 2 tahun terakhir.

Pada 2015, tercatat 19,7 juta orang asing berkunjung ke Jepang atau meningkat 47,1 persen dibanding tahun sebelumnya. Pemerintah Jepang juga menargetkan 30 juta orang asing berkunjung ke Jepang pada 2020.

Dampak positif pun merambah ke pasar industri restoran di Jepang. Momentum ini memicu pemerintah Jepang lebih memperhatikan pasar produk halal.

Kementerian Perdagangan optimistis mampu menggenjot ekspor produk halal ke Jepang. Hal itu diungkapkan oleh Atase Perdagangan Tokyo Julia Gustaria.

“Peluang ekspor produk halal ke Jepang masih sangat terbuka lebar,” papar Julia, melalui rilis ke Kompas.com.

Menurut data yang dilansir dari Brand Research Institute Inc, penduduk muslim di Jepang diperkirakan berjumlah 185 ribu orang dan nilai pasar produk halal tidak kurang dari 54 miliar yen

Diperkirakan lebih dari 1 juta wisatawan muslim akan berkunjung ke Jepang pada 2020. Jika ditambahkan dengan nilai pasar produk halal sekarang, maka total besar pasar produk halal dapat mencapai 200 miliar yen pada 2020.

Julia menambahkan, momentum ini penting untuk menggenjot ekspor produk halal Indonesia ke Jepang. Pelaku usaha Indonesia diminta makin aktif menjalin kerja sama dengan pelaku usaha asal Jepang.

Kerja sama bisa dilakukan dengan berbagi pengalaman atau pengetahuan, maupun menjadi pemasok bahan-bahan baku yang dibutuhkan oleh perusahaan Jepang untuk memproduksi produk-produk halal.

Kompas TV Kemendag Gandeng Pemerintah Wakayama
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.