Mi Instan Punya Penggemar Paling Fanatik di Indonesia

Kompas.com - 27/05/2016, 14:31 WIB
|
EditorJosephus Primus

KOMPAS.com - Mi instan ternyata memunyai penggemar paling fanatik di Indonesia. Konsumen Indonesia rata-rata membeli produk mi instan dua kali dalam seminggu. Catatan mengenai mi instan ini datang dari hasil riset Brand Footprint Kantar Worldpanel edisi 2015 yang dipublikasikan kemarin.

Riset itu menyertakan 8.500 rumah tangga. Angka tersebut mewakili 85 persen dari seluruh rumah tangga di wilayah urban atau perkotaan di Indonesia. Lembaga itu membuat peringkat hingga urutan sepuluh untuk produk-produk konsumsi habis dipakai (FMCG) untuk merek-merek Indonesia.

Pada peringkat pertama adalah merek mi instan Indomie. Di seluruh dunia, Indomie yang diproduksi oleh Grup Indofood itu ada di peringkat delapan FMCG. Indomie, menurut riset itu memunyai pangsa pasar besar di Malaysia, Turki, Vietnam, dan Nigeria.  Bahkan di Nigeria, Indomie juga berhasil menduduki peringkat pertama  merek yang paling dipilih oleh konsumen Nigeria.  Penjualan international yang luas, merupakan salah satu faktor pendukung penampilan Indomie. Disamping itu, sertifikat halal juga menjadikan Indomie sebagai merek halal mi instan terbesar di dunia.

Sementara itu, menyusul di peringkat kedua adalah produk Mie Sedaap. Produk mi instan ini usianya 31 tahun lebih muda dari Indomie. Wings Food memproduksi Mie Sedaap pada 2003.

Selanjutnya, merek yang masuk dalam kategori FMCG terlaris adalah penyedap rasa Masako dan Royko. Selanjutnya, merek susu Frisian Flag. Produk sabun cuci So Klin juga masuk dalam daftar ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.