Kawal Dana Bergulir, Kemenkop UKM Optimalkan Peran Satgas Monitoring

Kompas.com - 27/05/2016, 18:53 WIB
Kantor Kementrian Koperasi dan UKM KONTAN/DANIEL PRABOWOKantor Kementrian Koperasi dan UKM
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com -  Kementerian Koperasi dan UKM membentuk Satuan Tugas (Satgas) Monitoring dan Evaluasi di daerah dalam rangka mengawal dana bergulir yang disalurkan melalui Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB)

Direktur Utama LPDB Kemas Danial menyebut, Satgas Monitoring dibentuk dalam rangka mengawal dana yang sudah dicairkan kepada koperasi dan usaha kecil menengah.

"Satgas dibentuk untuk mengawal dana yang sudah dicairkan kepada koperasi dan UKM, serta membantu verifikasi proposal yang akan disampaikan kepada tim ots (on the spot) dalam hal ini intinya tim mengunjungi ukm ke lapangan melihat ushanya apa sesuai dengan usulannya dan resikonya," ujar Dirut LPDB Kemas Danial kepada Kompas.com, Jumat (27/05/2016).

Kemas menambahkan, tugas dari satgas tersebut juga melakukan bantuan pendampingan dan memberi informasi dalam hal pembuatan proposal pengajuan dana bergulir.

Terkait operasional Satgas Monitoring LPDB dimulai bulan Juni 2016 di dua wilayah Indonesia timur dan barat.

"Operasionalnya dimulai dari Juni 2016, dan dimulai wilayah timur yaitu Makasar dan wilayah barat di Solo," tambah Kemas.

Kemenkop UKM berharap, tujuan dan harapan pembentukan satgas membantu percepatan pelayanan, dengan harapan dapat menekan rasio kredit bermasalah atau non performing loan (NPL).

Sementara itu, sampai dengan 20 Mei 2016, LPDB telah menyalurkan dana bergulir sebesar Rp 7,28 triliun kepada lebih dari 150 ribu UMKM melalui 4.151 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X