Catat! Ini 5 Kesalahan Fatal Pekerja Muda dalam Mengatur Uang

Kompas.com - 03/06/2016, 19:30 WIB
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengatur keuangan pribadi adalah salah satu hal yang sangat penting bagi bagi diri kita. Terutama bagi kita yang masih berusia muda.

Sering kali terjadi pada pemuda yang sudah bekerja, kerap mendapatkan masalah tentang cara mengatur keuangan yang baik dan benar.

Biasanya yang menjadi masalah besar terjadi pada tanggal 20-an sampai akhir bulan, dimana uang yang tersisa sudah tiris. 

Mengapa hal ini bisa terjadi? Padahal semua pekerja juga memiliki waktu gaji pada awal bulan namun beberapa dari mereka tidak mengalami masalah pada tanggal 20-an sampai akhir bulan.

Dalam artikel ini, kami akan sedikit membahas tentang 5 kesalahan fatal para pekerja muda dalam mengatur keuangan.

1.    Ketergantungan pada gaji
Hal ini menjadi sebuah hal yang sangat fatal yang seringkali terjadi pada pemuda di Indonesia. Biasanya, pekerja muda masih belum bisa fokus untuk mencari uang saja dan mereka masih sempat-sempatnya menghabiskan uang mereka untuk bermain.

Biasanya mereka akan menggunakan cukup banyak uang mereka kala baru saja mendapatkan gaji. Hal ini yang biasanya mengakibatkan Anda semua kekurangan dana di sekitar tanggal 20-an sampai akhir bulan.

Oleh karena itu, cobalah untuk mengatur kembali penggunaan keuangan Anda dengan lebih baik sehingga Anda masih bisa bertahan hidup sampai akhir bulan nanti.

2.    Gunakan rekening tabungan
Banyak orang yang percaya bahwa penggunaan rekening tabungan tidak lah berguna sama sekali. Beberapa orang berpikir bahwa percuma mereka menabung apabila nantinya di saat mereka butuh uang tersebut, mereka akan kembali menggunakan uang tersebut.

Padahal, kesalahan bukan berada pada rekening tabungan, namun pada diri Anda masing-masing. Cobalah untuk menabung dan gunakanlah uang tersebut hanya untuk kebutuhan mendadak saja.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.