Kompas.com - 13/06/2016, 13:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memutuskan untuk memperpanjang waktu pendaftaran mudik gratis bagi pengendara sepeda motor. Hal tersebut dilakukan lantaran kuota mudik gratis tersebut masih tersisa banyak.

"Jadi kita perpanjang terus sampai kuotanya habis," ujar Jonan seusai mengecek kesiapan Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (13/6/2016).

Tahun ini, Kemenhub menyediakan kuota mudik gratis bagi pengandara motor menggunakan KA mencapai 15.800. Hingga hari ini baru sekitar 11.000 kuota yang terisi.

Adapun mudik gratis bagi pengendara motor menggunakan bus mencapai 12.000 untuk sepeda motor dan 24.000 untuk penumpang.

"Animonya baru sepertiga," kata Jonan.

Mantan Direktur Utama KAI itu mengimbau masyarakat yang mudik menggunakan sepeda motor untuk memanfaatkan kuota mudik gratis yang masih tersedia.

Melihat animo masyarakat hingga hari ini, Kemenhub berencana melakukan evaluasi program mudik gratis untuk mudik Lebaran tahun depan.

Kalau animonya besar, ucap Jonan, Kemenhub akan mencoba menambah kuota mudik gratis. Namun, apabila animo masyarakat kecil, bisa jadi program mudik gratis akan dikurangi tahun depan.

Kompas TV Pembayaran Tol Cikampek & Cipali Akan Disatukan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.