Terminal 3 Ultimate Urai Kepadatan Penumpang Bandara Soetta Saat Arus Mudik

Kompas.com - 13/06/2016, 14:30 WIB
Suasana di dalam Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal terbesar di Bandara Soekarno-Hatta ini akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang. KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERASuasana di dalam Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Minggu (12/6/2016). Terminal terbesar di Bandara Soekarno-Hatta ini akan dioperasikan pada 20 Juni 2016 mendatang.
|
EditorAprillia Ika

TANGERANG, KOMPAS.com — Terminal 3 Ultimate Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, ditargetkan bisa beroperasi pada 20 Juni 2016. Dengan adanya Terminal 3 Ultimate, ditargetkan dapat mengatasi lonjakan penumpang yang terjadi saat arus mudik Lebaran di Terminal 2.

Pemindahan operasional dilakukan secara bertahap. Tahap awal yaitu 20 Juni 2016 untuk melayani penerbangan domestik oleh maskapai Garuda Indonesia.

"Kami harapkan kepadatan Terminal 2 dengan berkurang kira-kira 6.000 penumpang per hari, lumayan kurangi beban Terminal 2," ujar Direktur Utama PT Angkasa Pura II Budi Karya Sumadi dalam simulasi operasional Terminal 3, Bandara Soetta, Tangerang, Minggu (12/6/2016).

Budi menambahkan, pada tahap awal ini, Terminal 3 ditargetkan melayani 3 juta penumpang dalam satu tahun. Jika sudah beroperasi seluruhnya, akan mampu menampung 25 juta penumpang dalam setahun.

"Kami ingin operasi bertahap. Kami lakukan soft operation sebelum Lebaran," ujar Budi.

Operasional penuh dari terminal ditargetkan dapat berlangsung pada Maret 2017. Terminal 3 akan ditempati maskapai Garuda Indonesia dan semua maskapai dengan rute penerbangan internasional.

"Jadi rinciannya Terminal 1 untuk Lion dan Kalstar, Terminal 2 itu AirAsia, Batik, Sriwijaya, Citilink. Terminal 3 Garuda Indonesia dan internasional," jelasnya.

Kompas TV Pengerjaan Terminal 3 Soetta Terus Dikebut
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.