Jonan Pertanyakan Apron T3 "Ultimate" karena Tidak Bisa Dilihat dari ATC

Kompas.com - 15/06/2016, 04:40 WIB
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan saat meninjau Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (14/6/2016) Yoga SukmanaMenteri Perhubungan Ignasius Jonan saat meninjau Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Selasa (14/6/2016)
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

TANGERANG, KOMPAS.com - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan heran apron Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta tenyata tidak bisa dilihat langsung oleh tower air traffic control (ATC).

"Dulu bangun terminal ini bagaimana?," tanya Jonan ke Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi dan Direktur Utama LPPNPI Bambang Tjahjono di Terminal 3 Ultimate, Tangerang, Selasa (14/6/2016).

Menurut Jonan, seharusnya apron terminal bisa dilihat langsung dari tower ATC.

Sebab pengaturan pesawat di apron berdasarkan instruksi petugas ATC.

"Kenapa regulator memberikan izin (pembangunan Terminal 3 Ultimate). Apa pertimbangannya?," tanya Jonan sembari mengerutkan dahi.

Direktur Utama LPPNPI Bambang Tjahjono mengatakan, pihaknya memanfaatkan CCTV di Terminal 3 Ultimate untuk memantau apron.

Nantinya, pemantauan apron akan dilakukan dengan sistem radar. Namun kata Bambang, sistem radar baru rampung pada November 2016.

Jonan pun menilai pemantauan menggunakan CCTV bukan solusi sebab apron Terminal 3 Ultimate sangat besar.

Menurutnya, perlu ada tower yang bisa memantau langsung apron.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.