PT Pos Imbau Pengiriman Paket Maksimal H-10 Lebaran

Kompas.com - 24/06/2016, 11:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

BANDUNG, KOMPAS.com - PT Pos Indonesia mengimbau untuk mengirimkan paket Lebaran maksimal H-10. Hal ini untuk menjamin paket terkirim di tempat tujuan sesuai waktu yang diharapkan.

“Saya berharap, masyarakat H-10 sudah kirim barang,” ujar Direktur Surat dan Paket PT Pos Indonesia, Agus F Handoyo di Bandung, Kamis (23/6/2016).

Agus menjelaskan, memasuki musim mudik Lebaran, biasanya transportasi mengalami puncaknya. Khususnya transportasi udara.

Pada puncak arus mudik, maskapai penerbangan memberlakukan skala prioritas. Proritas utama adalah penumpang, kedua barang tentengan milik penumpang yang masuk ke kabin. Ketiga, cargo.

“Barang dari kami masuk ke kelompok tiga, cargo. Jadi, ketika barang bagasi penumpang penuh, opsi terakhir yakni kami bisa tidak terangkut. Jadi diharapkan mengirim barang lebih awal,” ungkap Agus.

Agus mengungkapkan, volume paket di bulan Ramadhan mengalami peningkatan 25 persen dibanding hari-hari biasa. Lalu lintas pengiriman terbanyak ada di Pulau Jawa sekitar 67 persen. sisanya kiriman keluar dan masuk Jawa, seperti dari Makassar dan Palembang serta daerah lainnya.

Untuk pengiriman, semua moda transportasi akan digunakan. Dari jalur darat semua armada yang dimiliki PT Pos serta vendor akan dikerahkan mengantar paket titipan masyarakat.

Sedangkan transportasi udara, pihaknya bekerjasama dengan Garuda Indonesia dan maskapai lainnya seperti Citylink, Lion Air dan Sriwijaya Air. Begitupun dengan moda angkutan laut, telah disiapkan angkutan laut.

“Khusus untuk angkutan udara, kami tidak lagi terpusat di Cengkareng. Tapi akan kirim langsung dari daerah, tanpa harus ke Jkaarta dulu. Direct flight kita maksimalkan, sehingga kiriman bisa lebih cepat sampai,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT Pos Indonesia, Gilarsi W Setijono mengatakan akan terus berbenah infrastruktur pos khususnya pergudangan untuk menambah kapasitas penyimpanan serta mempercepat proses pengiriman barang.

Kompas TV 300 Perangko Gerhana Matahari Mulai Dijual
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.