"Sapu Bersih" Lonjakan Pemudik, Ini Jurus Garuda...

Kompas.com - 04/07/2016, 17:00 WIB
Pesawat Garuda Indonesia sedang push back di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (12/5/2016). KOMPAS.com/ANDRI DONNAL PUTERAPesawat Garuda Indonesia sedang push back di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (12/5/2016).
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Garuda Indonesia mengerahkan pesawat yang lebih besar untuk mengangkut para pemudik Lebaran tahun ini.

Menurut Vice President Corporate Communication Garuda Indonesia Benny S Butarbutar, penggunaan pesawat yang lebih besar melayani penerbangan tambahan atau extra flight maskapai plat merah tersebut.

"Dengan keberadaan bigger aircraft justru daya angkut penumpangnya jauh lebih besar dan bs menyapu bersih lonjakan penumpang di hari itu juga," ujar Benny kepada Kompas.com, Jakarta, Senin (4/7/2016).

Dalam angkutan Lebaran kali ini, Garuda Indonesia mengoperasikan pesawat B737-800 (162 penumpang), B747 (457 penumpang), A330-200 (222 penumpang), A33p-300 (287), dan A330-300 all economy class (360 penumpang).

Ia mengakui, pengoperasian pesawat dengan kapasitas yang lebih besar menimbulkan persepsi extra flight Garuda tidak terpakai. Namun Benny menyanggahnya.

"Extra flight garuda sejauh ini terpakai yang juga dlm pelaksanaannya disesuikan dengan lonjakan penumpang di lapangan," kata Benny.

Hingga H-2 Lebaran, Garuda Indonesia mengatakan situasi penumpang masih lancar dan terkendali. Tingkat keterisian pesawat rata-rata mencapai 80 persen.

Garuda Indonesia sudah mengajukan 14 tambahan penerbangan atau extra flight saat musim mudik Lebaran 2016.

Dengan tambahan penerbangan itu, maka jumlah kursi yang disediakan maskapai plat merah itu mengaku 21.360 seat.

Rincianya tambahan 21.360 tempat duduk tersebut terdiri dari 19.440 tempat duduk untuk rute domestik dan 1.920 tempat duduk untuk rute internasional.

Rute domestik yang ditambah penerbangannya antara lain ke Yogyakarta, Padang, Semarang, Denpasar, Surabaya, Balikpapan dan Bandung - Denpasar.

Sedangkan tambahan penerbangan ke rute internasional yakni rute Jakarta-Singapura, Jakarta-Kualalumpur, dan Jakarta-Bangkok.

Kompas TV Angkasa Pura Siapkan 39 Penerbangan Tambahan



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X