Kompas.com - 18/07/2016, 09:47 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

KOMPAS.com - Dana repatriasi diprediksi akan menyerbu wadah yang telah disiapkan pemerintah.

Direktur Investa Saran Mandiri Hans Kwee memprediksi untuk tahap awal repatriasi akan masuk ke perbankan. Perbankan dianggap memiliki kepastian return serta risiko yang rendah dibandingkan instrumen lain.

"Setelah perbankan, baru masuk instrumen lain seperti SUN (surat utang negara ) dan pasar saham," ujar Hans, Minggu (17/7/2016).

Potensi dana repatriasi tax amnesty yang masuk diprediksi mencapai Rp 1.000 triliun hingga 1 April 2017. Dari dana tersebut, Hans memperkirakan sekitar Rp 500 triliun hingga Rp 600 triliun akan masuk ke perbankan. Kemudian sisanya akan masuk ke instrumen lain.

Menurut Hans, masuknya dana repatriasi akan mengerek indeks harga saham gabungan (IHSG) ke 5.500 di akhir tahun. Pasar obligasi juga akan bullish dengan yield SUN bertenor 10 tahun turun ke kisaran 6,5 persen-7 persen.

"Sedangkan BI rate masih bisa turun ke 6 persen-an tahun ini," tutur Hans.

Sedangkan Analis Capital Asset Management Desmon Silitonga mengatakan investor repatriasi akan mengincar pasar saham dan reksadana yang dikelola oleh manajer investasi. Langkah tersebut diambil lantaran adanya ketentuan bahwa dana hasil tax amnesty wajib dikunci atau lock up.

"Dana tax amnesty akan menyebar ke berbagai instrumen tergantung tipikal pemilik dana namun lebih disukai ke instrumen pasar saham," ujar Desmon. (Wahyu Satriani)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber KONTAN
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.