WIKA Raih Proyek Pembangunan Bendungan Senilai Rp 783 Miliar?

Kompas.com - 27/07/2016, 11:33 WIB
Wijaya Karya. Wijaya KaryaWijaya Karya.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Konsorsium PT Wijaya Karya (Persero) Tbk (WIKA) dengan PT Daya Mulia Turangga (DMT) telah melaksanakan penandatanganan kontrak pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan, Kabupaten Minahasa Utara Paket I.

Corporate Secretary WIKA Suradi menjelaskan, proyek dengan nilai Rp 783,264 miliar tersebut ditandatangani oleh Koko Cahyo Kuncoro selaku kuasa KSO WIKA dan DMT dengan pejabat pembuat komitmen Bendungan II SNVT Pembangunan Bendungan Sulawesi I, Lidya Karema. 

"Dalam konsorsium ini, Perseroan memiliki porsi 85 persen dari total nilai proyek," kata Suradi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/7/2016).

KSO WIKA dan DMT ditunjuk oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat sebagai pemenang pekerjaan pembangunan bendungan Kuwil Kawangkoan, Minahasa Utara Paket I.

Hal itu sesuai dengan surat penunjukan penyedia untuk pelaksanaan pembangunan Bendungan Kuwil Kawangkoan Kabupaten Minahasa Utara Paket I dengan nomor: KU.03.01/BWSS-I/SNVT-PB/PK.BII/10 tanggal 21 Juli 2016.  

Rencananya, proyek ini akan berlangsung selama 1.460 hari kalender kerja dan masa pemeliharaan 365 hari kalender. Lingkup utama pekerjaan pada proyek ini meliputi pekerjaan terowongan dan bendungan utama. 

Bendungan Kuwil Kawangkoan memiliki daya tampung mencapai 23,37 juta meter kubik, terletak melintang di Sungai Tondano di sebelah hilir PLTA Tanggari II.

Bendungan tersebut berfungsi untuk mereduksi banjir sebesar 282,18 meter kubik per detik terhadap Kota Manado dan sekitarnya. 

Kemudian, bendungan ini juga bermanfaat sebagai penyedia air baku untuk Kota Manado, Kabupaten Minahasa Utara, dan Kota Bitung dengan debit sebesar 4,5 meter per kubik.

Selain itu, Bendungan Kuwil Kawangkoan merupakan penyedia energi listrik dengan kapasitas sebesar 2 x 0,7 megawatt (MW) dan sarana pengembangan pariwisata, khususnya di Kabupaten Minahasa.

Kompas TV Kinerja Wijaya Karya di Bawah Target

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X