"Reshuffle" dan Pertemuan The Fed, Dua Faktor yang Perkuat IHSG Hari Ini

Kompas.com - 27/07/2016, 16:33 WIB
Karyawan melintas di dekat monitor yang menunjukkan pergerakan indeks di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (7/15/2016). KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGKaryawan melintas di dekat monitor yang menunjukkan pergerakan indeks di Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (7/15/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada awal perdagangan hari ini menguat hingga penutupan perdagangan harian.

Dua faktor pendorongnya adalah keputusan perombakan Kabinet Kerja atau reshuffle dan jelang keputusan pertemuan Federal Open Meeting Committee (FOMC) Federal Reserve untuk menentukan suku bunga acuan AS.

"Selain isu reshuffle faktor eskternal juga berpengaruh," kata Kepala Ekonom PT Bank Permata Tbk Josua Pardede kepada Kompas.com, Rabu (27/7/2016).

Menurut Josua, hingga penutupan perdagangan sore, kondisi pasar keuangan cenderung masih positif.

Awan positif juga diprediksi masih menyelimuti pergerakan nilai tukar rupiah pula.

Josua memandang, penguatan tersebut dilatarbelakangi juga oleh ekspektasi suku bunga AS atau Fed Fund Rate yang masih akan bertahan pada pertemuan FOMC hari ini.

Namun demikian, pasar masih akan mencermati perincian dalam pertemuan bulanan FOMC tersebut.

"Pasar masih akan mencermati petunjuk yang akan disampaikan oleh The Fed terkait arah kebijakan suku bunga AS tahun ini pasca keputusan Brexit apakah masih dipertimbangkan atau justru kembali mundur menjadi tahun depan," jelas Josua.

IHSG menguat di sesi awal perdagangan pagi ini. Selain faktor eksternal, sentimen kabar kocok ulang kabinet juga menjadi tenaga tersendiri yang membuat lantai bursa bergairah.

Salah satunya, masuknya Sri Mulyani menjadi Menteri Keuangan. Saham-saham yang menopang laju IHSG pagi ini yakni BMRI, BBRI, BBNI, ASII, SMGR, LPPF, dan ADHI.

Delapan indeks sektoral juga menghijau pada perdagangan hari ini, di mana sektor keuangan menjadi lokomotif penguatan dengan kenaikan 1,48 persen.

 

Kompas TV Perempuan dalam Kuasa



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X