Pusat Jagung Maluku Utara Akan Ada di Halmahera Barat

Kompas.com - 03/08/2016, 14:35 WIB
Ilustrasi: panen jagung KOMPAS.com / Andi HartikIlustrasi: panen jagung
|
EditorPalupi Annisa Auliani


TERNATE, KOMPAS.com
- Kabupaten Halmahera Barat akan segera menjadi pusat penanaman jagung bagi Provinsi Maluku Utara. Ribuan hektar lahan akan ditanami jagung di sini.

"Penanaman tahap pertama mulai September tahun ini," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Maluku Utara Muzdalifah Ilyas, Selasa (2/8/2016), di Ternate, Maluku Utara.

Dalam pertemuan dengan delegasi Komisi IV DPR, Muzdalifah mengatakan, ada 5.000 hektar lahan disiapkan untuk penanaman tersebut.

Rencana penanaman itu merupakan bagian dari program penanaman jagung nasional seluas 750.000 hektar.

Dinas Pertanian Maluku Utara memperkirakan, dari lahan tersebut dapat dihasilkan sekitar 45.000 ton jagung kering pipilan per tahun.

Jagung adalah tanaman semusim yang bisa dipanen sekitar empat bulan sejak ditanam. Sebelumnya pertanian jagung belum

"Kami harapkan, panen perdana pada Januari tahun depan," kata Muzdalifah.

Ketua Komisi IV DPR, Mindo Sianipar, mengingatkan jajaran Kementerian Pertanian untuk ikut memikirkan pasar bagi hasil penanaman ini.

Mindo menyarankan Bulog bisa menyerap pula jagung hasil panen dari lahan baru tersebut.

Target

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X