Dongkrak Kinerja, Astra Graphia akan Sewakan Peralatan Kantor

Kompas.com - 03/08/2016, 19:00 WIB
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Perlambatan ekonomi yang tengah melanda Indonesia menyebabkan perusahaan-perusahaan melakukan penghematan dengan menahan diri untuk membeli peralatan kantor.

Akibat dari pelemahan ekonomi tersebut, PT Astra Graphia Tbk (ASGR), anak usaha PT Astra International Tbk (ASII), mencatatkan penurunan laba bersih sebesar 2 persen dari Rp 98,15 miliar di semester I 2015 menjadi Rp 96,35 miliar di semester I 2016.

"Banyak perusahaan yang menahan pembelanjaan mereka karena kondisi perekonomian Indonesia yang belum membaik," ujar Presiden Direktur ASGR, Harry Halim di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (3/8/2016).

Untuk menyiasati pelemahan tersebut, Harry mengungkapkan, pihaknya akan menyewakan peralatan kantor seperti printer. Upaya tersebut dipercaya bakal kembali meningkatkan kinerja perseroan.

"Kami akan lebih banyak melakukan utilisasi dengan cara merentalkan peralatan. Sehingga menjawab permasalahan itu," imbuh Harry.

Penyewaan alat-alat kantor tersebut rencananya akan terus dilakukan hingga semester kedua tahun ini.

Dengan inovasi rental tersebut, Harry yakin pertumbuhan keuangan perseroan tahun ini bisa mencapai double digit.

"Cara ini akan kita lakukan terus hingga semester II tahun ini, supaya kinerja kami kembali membaik," pungkas Harry.

Kompas TV Astra Masih Melambat
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.