Arcandra: Paspor Indonesia Saya Masih Valid, Mau Tanya Apa Lagi?

Kompas.com - 14/08/2016, 12:01 WIB
Estu Suryowati/KOMPAS.com Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terpilih Archandra Tahar (kanan) bersama Sudirman Said, saat serah terima jabatan, Jakarta, Rabu (27/7/2016).

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar menyampaikan, hingga kini dirinya masih berstatus warga negara Indonesia (WNI) dan memegang paspor Indonesia.

“Sampai saat sekarang saya masih memegang paspor Indonesia. Paspor Indonesia saya masih valid. Ayo, mau tanya apa lagi?” katanya di kantor Kementerian ESDM Jakarta, Minggu (14/8/2016).

Dalam kesempatan itu, Arcandra juga memperkenalkan istrinya. “Ini istri saya. Sudah kenal kan? Coba lihat tampangnya gimana? Orang Indonesia asli enggak?” tanya Arcandra.

Pengganti Sudirman Said itu pun menuturkan bahwa dirinya dan juga istri merupakan orang Padang asli, lahir dan besar di Padang.

“Cuma saat kuliah S-2, S-3 saya di Amerika Serikat. Saya pergi ke AS tahun 1996,” ucap Arcandra.

Sementara itu, ketika ditanya wartawan apakah selama di AS sempat beralih kewarganegaraan, Arcandra tidak menjawab dengan lugas.

Kembali Arcandra hanya mengatakan bahwa dirinya masih memegang paspor Indonesia.

“Proses-proses yang di sana, yang berkaitan dengan pertanyaan teman-teman sudah saya kembalikan,” kata dia.

Sayangnya, Arcandra tidak menjelaskan ihwal apa yang sudah ia kembalikan tersebut, apakah green card atau pembatalan status kewarganegaraan.

“Itu sudah dikembalikan, silakan tanya ke yang berwenang,” kata Arcandra.

Dia pun kembali memastikan masih berstatus WNI, “Saya masih WNI, silakan cek paspor saya,” kata Arcandra.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
EditorM Fajar Marta
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X