AirAsia Buka Lima Rute Penerbangan Baru di Indonesia

Kompas.com - 24/08/2016, 14:02 WIB
Pesawat AirAsia. KOMPAS IMAGES/RODERICK ADRIAN MOZES Pesawat AirAsia.
|
EditorBayu Galih

JAKARTA, KOMPAS.com - Maskapai penerbangan AirAsia akan membuka lima rute penerbangan baru di Indonesia.

Hal tersebut yang menjadi salah satu topik pembicaraan antara pemilik AirAsia, Anthony Francis Fernandes, dengan Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (24/8/2016).

"Kami membahas tempat-tempat di Indonesia yang dapat dikembangkan dalam hal turisme. Jadi lihat dan tunggu, ada sekitar lima tempat (rute penerbangan baru Airasia)," ujar Tony Fernandes, usai pertemuan.

Namun, Tony enggan merinci di mana saja lima daerah itu. Sebab, hal itu terkait dengan kompetitor.

Ia hanya memberikan petunjuk bahwa lima rute penerbangan itu ada di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.

Pembukaan rute penerbangan baru itu dilakukan AirAsia karena Tony menganggap banyak tempat di Indonesia yang potensial di bidang turisme.

Ia menyebut, Bali, Bandung, Yogyakarta dan Solo adalah daerah yang sukses menyedot wisatawan. Daerah lainnya yang memiliki potensi wisata pun harus dibuka akses transportasinya.

Beberapa potensi wisata yang akan dituju itu, antara lain destinasi ekoturisme, wisata sejarah dan wisata belanja. Indonesia, kata Tony, jangan mau kalah dari Malaysia.

"Tingkat wisatawan di Malaysia itu 24 juta. Indonesia itu hanya 10,5 juta, namun targetnya 20 juta turis. Kami percaya Airasia akan berkontribusi dalam hal peningkatan wisatawan itu," ujar Tony.

Kompas TV 5,2 Juta Turis Asing Datang ke Indonesia
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.