Kompas.com - 01/09/2016, 09:27 WIB
Penulis Aprillia Ika
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Pantauan data RTI pukul 09.11 WIB memperlihatkan pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tertekan 0,43 persen ke level 5.362,85 pada pembukaan perdagangan saham Kamis (1/9/2016).

Para pelaku pasar menunggu rilis inflasi dari Badan Pusat Statistik (BPS) mengenai apakah inflasi terkendali atau tidak.

IHSG juga tertekan akibat sentimen penurunan bursa global. Bursa global pada penutupan perdagangan saham pagi ini tertekan akibat penurunan harga minyak mentah dunia. Selain itu, pelaku pasar juga menunggu data ketenagakerjaan di AS dan data manufaktur di China.

Pada perdagangan yang berakhir pagi tadi, di Wall Street AS, Indeks Dow Jones ditutup turun 0,29 persen, indeks S&P ditutup turun 0,24 persen dan indeks Nasdaq Composite turun 0,19 persen.

Di Eropa, indeks FTSE 100 turun 0,58 persen sedangkan di Asia, indeks Nikkei ditutup naik 0,05 persen sedangkan indeks Hang Seng turun 0,35 persen.

Dengan melemahnya IHSG, menekan kenaikan IHSG dalam satu bulan, sehingga terkoreksi turun 0,19 persen. Untuk kenaikan IHSG selama seminggu juga terkoreksi turun 0,76 persen.

Pada sesi pembukaan hari ini, sebanyak 57 saham dibuka naik, 103 saham dibuka turun dan 73 saham dibuka tetap. Semua sektor pendukung bursa dibuka turun, setelah pada sesi penutupan di rabu (31/8/2016) semuanya ditutup naik.

Kompas TV Inflasi Turun karena Harga Pangan Terkendali

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan Video Lainnya >

27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.