November 2016, Konsumen Indonesia Prediksi Harga Rokok dan Tembakau Naik

Kompas.com - 05/09/2016, 19:00 WIB
Seorang pekerja sedang memproses pembuatan rokok kretek. KOMPAS.COM/AMIR SODIKINSeorang pekerja sedang memproses pembuatan rokok kretek.
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) dalam Survei Konsumen melaporkan bahwa konsumen Indonesia yakin terhadap kondisi perekonomian Indonesia tetap berada dalam level optimis.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Agustus 2016 berada dalam level optimis, yaitu sebesar 113,3. Indeks IKK tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya yang sebesar 114,2.

Penurunan IKK tersebut terutama disebabkan penurunan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 4 poin menjadi 97,2.

"Di sisi lain, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) mengalami peningkatan sebesar 2,4 poin menjadi 129,5," tulis bank sentral dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (5/9/2016).

Di samping itu, hasil survei menunjukkan konsumen memperkirakan tekanan kenaikan harga meningkat pada November 2016.

Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) tiga bulan mendatang yang tercatat naik 7,4 poin menjadi 151,1.

"Peningkatan tekanan kenaikan harga tersebut diperkirakan terjadi pada hampir semua kelompok komoditas, dengan kenaikan tertinggi pada kelompok bahan makanan, diikuti oleh kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau, serta kelompok sandang," ujar BI.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Adapun untuk kondisi enam bulan mendatang, yakni Februari 2017, konsumen memperkirakan kenaikan jumlah tabungan lebih tinggi dari bulan sebelumnya.

Di sisi lain, posisi pinjaman enam bulan mendatang diperkirakan lebih rendah dibandingkan bulan sebelumnya.

Kompas TV Isu Kenaikan Harga Rokok Menyumbang Inflasi
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.