Kompas.com - 05/09/2016, 19:45 WIB
Presiden Jokowi bersama CEO Alibaba, Jack Ma di kantor Alibaba di China, Jumat (2/9/2016). China Xinhua NewsPresiden Jokowi bersama CEO Alibaba, Jack Ma di kantor Alibaba di China, Jumat (2/9/2016).
|
EditorM Fajar Marta

HANGZHOU, KOMPAS.com - Pertemuan para pemimpin negara G20 menguatkan fakta geliat e-commerce sebagai motor penggerak pertumbuhan ekonomi.

Perusahaan e-commerce asal China, Alibaba, pun dijadikan contoh kesuksesan e-commerce.

Di sela-sela pertemuan di Hangzhou, China, beberapa pemimpin negara G20 pun menyempatkan diri berkunjung ke kantor pusat Alibaba yang kebetulan berlokasi di kota tersebut.

CEO Alibaba Jack Ma pun mendampingi para delegasi internasional tersebut. Diinformasikan Forbes, Senin (5/9/2016), para pemimpin yang mengunjungi markas Alibaba antara lain Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Italia Matteo Renzi, Presiden Indonesia Joko Widodo, Perdana Menteri Australia Malcolm Turnbull, dan Direktur Jenderal WTO Roberto Azevedo.

Tidak mengherankan Alibaba dijadikan contoh. Pasalnya, Alibaba saat ini adalah perusahaan e-commerce ritel terbesar di dunia.

Selain itu, perdagangan dunia diproyeksikan tumbuh 2,8 persen tahun ini. Adapun penjualan ritel e-commerce di seluruh dunia diprediksi bakal tumbuh hampir 24 persen tahun 2016.

Dalam pertemuan di Hangzhou, G20 pun menunjuk Ma sebagai pimpinan SME Development Task Force yang merupakan badan penasihat yang dibentuk G20.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dengan demikian, Ma pun bisa mengaplikasikan beragam ide yang dimilikinya. Ma memiliki ide terkait globalisasi inklusif yang tertuang dalam Electronic World Trade Platform (eWTP).

Gagasan ini mencakup paduan teknologi internet dengan kebijakan perdagangan terbuka.

Tujuannya adalah untuk memberikan peran bagi UKM di seluruh dunia sebagai mesin pencipta lapangan kerja dan meningkatkan pengembangan ekonomi di negara-negara yang belum memperoleh porsi cukup dalam globalisasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Sumber Forbes
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.