Bank Syariah Mandiri Gunakan Teknologi "Wireless" untuk ATM

Kompas.com - 09/09/2016, 07:30 WIB
Dok. 3C Wireless Bank Syariah Mandiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Syariah Mandiri mengumumkan penggunaan teknologi ATM nirkabel milik 3C Wireless, perusahaan machine-to-machine (M2M) global.

Dengan teknologi ini, Bank Syariah Mandiri dapat memperluas jaringan ATM-nya di seluruh Indonesia dan menjangkau populasi masyarakat non-bank di pedesaan.

Bank Syariah Mandiri juga dapat menyediakan berbagai pilihan untuk transaksi keuangan secara elektronik (TKE) bagi pelanggan.

Mark Gamon, Direktur Utama 3C Wireless mengatakan bahwa solusi 3CSN akan memberikan penyebaran mesin uang, termasuk transaksi lebih cepat dan monitoring real-time yang memberikan Syariah Mandiri Bank kemampuan untuk membaca rincian operasional dari unit yang dikerahkan.

Sementara Indreshwara Murniardi, Managing Director Arthatech Selaras, selaku mitra strategis 3C menyatakan bahwa bank berdasarkan hukum Islam diperkirakan akan menikmati pertumbuhan lebih lanjut pada 2017.

Negara-negara Muslim, dengan jumlah populasi muslim 80 persen dari 250 juta penduduk, adalah target pasar perbankan Syariah. Ini berarti bahwa bank-bank Syariah yang tersedia untuk melayani sekitar 192 juta pelanggan muslim.

"3C akan memberikan bank kemampuan untuk mengelola uang pelanggan dan mengakses akun dari lokasi di seluruh negeri. Dengan mengerahkan solusi 3CSN, Bank Syariah Mandiri saat ini akan dapat menyebarkan ATM untuk situs yang paling terpencil di Indonesia," kata dia melalui rilis pers ke Kompas.com.

Menurut dia, keuntungan utama dari solusi ini adalah keandalan, keamanan, dan solusinya juga memungkinkan bank untuk memonitor armada ATM mereka.

Instalasi ATM dan time-to-market (TTM) menjadi lebih nyaman menggunakan solusi nirkabel 3CSN ini.

"Keuntungan ini akan membuka peluang pasar baru dan aliran pendapatan bagi bank," tambah Indresh.

Kompas TV Ekonomi Syariah Kian Redup 2016, Kok Bisa?



EditorAprillia Ika

Close Ads X