Semen Gresik Distribusikan Hewan Kurban Senilai Rp4,5 Miliar

Kompas.com - 10/09/2016, 18:16 WIB
|
EditorFidel Ali

GRESIK, KOMPAS.com – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1437 Hijriah, yang ditetapkan pada tanggal 12 September 2016 mendatang. PT Semen Indonesia (Persero) Tbk turut mendistribusikan 191 ekor sapi, sebagai hewan kurban dengan nilai mencapai Rp 4,5 miliar.

Penyerahan hewan kurban, dilakukan di wilayah-wilayah operasional perusahaan. Dengan rincian, Semen Padang sebanyak 53 ekor sapi, Semen Gresik sebanyak 102 ekor, Semen Tonasa sebanyak 16 ekor, dan Semen Indonesia Aceh 20 ekor sapi.

"Untuk distribusi hewan kurban ini, kami salurkan kepada desa-desa yang berada di sekitar perusahaan dan juga pondok pesantren," ungkap Direktur Utama (Dirut) Semen Gresik, Sunardi Prionomurti, Sabtu (10/9/2016).

Ia pun mengatakan, jika dalam menjalankan bisnis, perusahaan yang dipimpinnya berpijak pada tiga pilar. Yakni, peningkatan kinerja keuangan, pemberdayaan masyarakat, dan juga pelestarian lingkungan.

"Sebagai perusahan yang lahir, tumbuh, dan berkembang bersama masyarakat, tentu perusahaan berkesadaran memberi kontribusi optimal untuk masyarakat. Maka dari itu, dalam merayakan Hari Raya Idul Adha, perusahaan juga rutin setiap tahun memberikan hewan kurban," jelasnya.

Sunardi lantas menambahkan, pada Hari Raya Idul Adha tahun ini, Semen Gresik sendiri menyalurkan bantuan hewan kurban sebanyak 102 ekor sapi. Dengan rincian distribusi, 25 ekor sapi untuk wilayah Rembang di Jawa Tengah, 45 ekor di Gresik, dan 32 ekor sapi di Tuban.

"Bantuan ini, juga merupakan salah satu kepedulian perusahaan terhadap lingkungan, untuk meningkatkan ikatan sosial kepada masyarakat sekitar melalui program CSR (Corporate Social Responsibility)," tutur Sunardi.

Di mana, selain diimplementasikan melalui pemberian bantuan hewan kurban, CSR perusahaan diklaim juga telah melakukan berbagai program kegiatan, khususnya di wilayah Rembang. Di antaranya, bantuan bencana alam, bantuan untuk pendidikan dan pelatihan, bantuan peningkatan kesehatan, bantuan sarana ibadah, maupun bantuan pelestarian alam.

Selain itu, ada pula bantuan sosial kemasyarakatan dalam rangka pengentasan kemiskinan, bantuan sosial, politik, dan budaya. Di mana untuk tahun ini, Semen Gresik mengalokasikan dana tak kurang dari Rp 35 miliar, untuk program CSR di wilayah Rembang dan sekitarnya.

"Kami adalah perusahaan multinasional, yang akan selalu memberikan manfaat bagi masyarakat lokal. Ke depan kami akan terus meningkatkan besaran dana cakupan untuk program CSR perusahaan," pungkasnya.

Kompas TV Pasar Hewan Kurban Sepi Pembeli
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.