PLN Kantongi 4 Konsorsium Raksasa dalam Proses Lelang Mega Proyek 35.000 MW

Kompas.com - 13/09/2016, 14:03 WIB
Ilustrasi listrik KOMPAS / WAWAN H PRABOWOIlustrasi listrik
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Proses tender salah satu proyek pembangkit terbesar dalam program 35.000 Megawatt (MW), yaitu proyek Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) Jawa-1 (1.600 MW) sedang memasuki proses klarifikasi dokumen dan evaluasi.

"Kira-kira tiga minggu dan empat minggu dari sekarang ditentukan pemenangnya," kata Direktur Pengadaan PT PLN (Persero) Supangkat Iwan Santoso kepada wartawan di Jakarta, Selasa (13/9/2016).

Pada akhir waktu pengumpulan dokumen lelang proyek tersebut pada 25 Agustus 2016, terdapat empat konsorsium raksasa yang berpartisipasi yaitu, Adaro-Sembcorp, Mitsubishi-PJB-Rukun Raharja, Pertamina-Marubeni-Sojitz, dan Medco-Nebras.

Melihat perkembangan tersebut, PLN optimistis akan mampu memberikan tambahan listrik 1.600 MW ke Pulau Jawa di penghujung tahun 2020 dari pembangkit yang diperkirakan akan berlokasi di Muara Tawar, Bekasi, Jawa Barat ini.

Salah satu peserta lelang yang dianggap berpotensi untuk memenangkan tender ini adalah Konsorsium Mitsubishi cs, dengan Mitsubishi sebagai leader konsorsium.

Perlu diketahui, dalam proyek sebelumnya Mitsubishi juga telah menjadi pemenang dalam dua tender engineering procurement & construction (EPC) PLN yang lokasinya berada di wilayah Pantai Utara Jakarta.

Dua proyek tersebut yakni proyek PLTGU Muara Tawar dengan kapasitas 500 MW dan PLTGU Tanjung Priok berkapasitas 800 MW.

Sedangkan dalam lelang kali ini, Mitsubishi menggandeng PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) yang notabene anak perusahaan PLN, sang penyelenggara lelang, sebagai partner konsorsium. Dengan demikian, hal ini menjadikan Mitsubishi cs berada paling depan di antara para pesaingnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tekan Risiko

Direktur Eksekutif Refominer Institute, Komaidi Notonegoro menyarankan, proyek pembangkit listrik sebaiknya tidak dilakukan oleh satu kontraktor saja. Hal itu diperlukan guna menekan risiko.

Apa saja risikonya?

Halaman:


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.