Kompas.com - 21/09/2016, 09:33 WIB
|
EditorAprillia Ika

WASHINGTON, KOMPAS.com - Bank sentral AS Federal Reserve melakukan pertemuan Federal Open Meeting Committe pada hari ini, Rabu (21/9/2016). Pasar pun mengharapkan The Fed tidak menaikkan suku bunga acuan lantaran kondisi ekonomi yang belum sepenuhnya menggembirakan.

Data menunjukkan inflasi masih rendah dan ada penurunan belanja konsumen pada bulan Agustus 2016 lalu. Dalam pertemuan FOMC bulan lalu, Gubernur The Fed Janet Yellen menyatakan kondisi mendukung untuk kenaikan suku bunga, termasuk peningkatan pada pasar tenaga kerja.

Saat itu, ada keyakinan kuat The Fed akan menaikkan suku bunga dari level saat ini yakni 0,25 persen-0,50 persen. Namun, data ekonomi yang lemah sejak saat itu membuat pasar hanya menaruh 15 persen keyakinan adanya kenaikan suku bunga.

"Tampaknya setiap kali The Fed mengeluarkan wacana kenaikan suku bunga, data ekonomi akan lemah dengan cepat. Ini membuat kesempatan kenaikan yang sebenarnya menjadi terjal," ujar Pedro da Costa dari Peterson Institute for International Economics seperti dikutip dari Channel News Asia, Rabu.

Da Costa memprediksi kenaikan Fed Fund Rate terjadi bulan ini. Namun, banyak pula analis yang memprediksi kenaikan suku bunga acuan akan terjadi pada bulan Desember 2016 dan tak sedikit yang menyatakan ketidakpastian ekonomi AS dan global terus membayangi keputusan The Fed.

"Kami tidak mengekspektasi perubahan kebijakan The Fed. Kami terus memprediksi tidak ada perubahan kebijakan suku bunga tahun ini. Kami yakin gerakan The Fed selanjutnya adalah memangkas suku bunga di 2017," ungkap Jason Schenker dari Prestige Economics.

Tiga pekan lalu, Yellen dengan jelas menyatakan bahwa ia merasa waktu untuk menaikkan suku bunga sudah tiba. Menurut dia, pasar tenaga kerja dan outlook inflasi menjadi acuan keyakinannya bahwa suku bunga sepatutnya disesuaikan.

Akan tetapi, sejak saat itu data tidak mendukung pandangan itu. Penciptaan lapangan kerja relatif baik dan pasar perumahan pun solid, namun produksi industri dan konsumsi rumah tangga masih lemah.

Kompas TV The Fed Naikkan Bunga?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.