Menperin: Paket Kebijakan Ekonomi 14 Akan Atur Pajak "E-commerce"

Kompas.com - 07/10/2016, 18:42 WIB
Ilustrasi e-commerce Thinkstock/DavilesIlustrasi e-commerce
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Dalam beberapa hari mendatang, pemerintah akan kembali menerbitkan paket kebijakan ekonomi.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengungkapkan, paket kebijakan ekonomi ke-14 yang akan segera diumumkan tersebut berisi tentang perdagangan dengan jalur elektronik atau e-commerce.

Menurut Airlangga, pemerintah sudah melakukan pembahasan terkait paket kebijakan ekonomi tersebut. Ia menyatakan, hal yang akan disinggung dalam paket kebijakan ekonomi ke-14 adalah terkait pajak e-commerce.

"Dari sisi pajaknya yang diatur," kata Airlangga di Gedung Bank Indonesia (BI) Learning Center Jakarta, Jumat (7/10/2016).

Airlangga berharap, sistem fiskal dalam hal ini perpajakan untuk e-commerce tidak disamakan dengan industri pada umumnya. Diharapkan, kata dia, pajak untuk e-commerce cenderung lebih sederhana.

"Yang kami harapkan sistem fiskalnya tidak disamakan dengan non-e-commerce. Tarif yang dikenakan harusnya, karena ini masih industri yang baru, early adopter," tutur Airlangga.

Sebelumnya, pemerintah telah menerbitkan 13 paket kebijakan ekonomi. Adapun pada paket kebijakan ekonomi ke-13 yang diluncurkan pada akhir bulan Agustus 2016 lalu, pemerintah berharap, pembangunan perumahan bagi masyarakat dapat terdorong.

Paket kebijakan tersebut menitikberatkan pada langkah mempercepat penyediaan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah dengan harga yang terjangkau.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X