Belanja Ekspansif, Gorontalo Siap Terbitkan Obligasi Daerah Rp 1,4 Triliun

Kompas.com - 24/10/2016, 12:59 WIB
Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat memberikan pidato sebelum pembukaan petugas bursa, Senin (24/10/2016). Gorontalo berencana menerbitkan obligasi daerah sebesar Rp 1,4 triliun untuk membiayai pembangunan infrastruktur dan penguatan ekonomi. Estu Suryowati/KOMPAS.comBupati Gorontalo Nelson Pomalingo saat memberikan pidato sebelum pembukaan petugas bursa, Senin (24/10/2016). Gorontalo berencana menerbitkan obligasi daerah sebesar Rp 1,4 triliun untuk membiayai pembangunan infrastruktur dan penguatan ekonomi.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bupati Gorontalo Nelson Pomalingo mengatakan, untuk membiayai pembangunan daerah yang ekspansif, tidak cukup hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/Daerah (APBN/APBD).

Oleh karena itu, kata Nelson, saat ini pihaknya tengah bersiap-siap untuk menerbitkan obligasi daerah tahun depan. Target dana yang diperoleh sebesar APBD Gorontalo saat ini yakni Rp 1,4 triliun.

"Rencananya akan digunakan untuk dua hal. Pertama, infrastruktur, dan yang kedua pengembangan ekonomi unggulan Gorontalo, yakni peternakan. Kami ingin investasi besar-besaran dan sudah disiapkan lahan untuk itu," kata Nelson ditemui usai penandatanganan nota kesepahaman dengan TICMI, di Jakarta, Senin (24/10/2016).

Pada tahap persiapan ini, Nelson menuturkan pemerintah kabupaten pertama kali akan membentuk badan obligasi daerah. Setelah itu, pihaknya juga akan mengundang TICMI (The Indonesia Capital Market Institute), untuk menyosialisasikan pengembangan pasar modal di Gorontalo.

"Baru setelah itu kami keluarkan obligasi daerah," ucap mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.