Di Mal PP, Sri Mulyani Dapat Keluhan soal Barang Impor Selundupan

Kompas.com - 02/11/2016, 16:18 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani mendatangi pusat perbelanjaan Pasific Place Jakarta untuk menyosialisasikan program tax amnesty.

Namun, perempuan yang kerap disapa Ani itu justru menerima keluhan dari para pemilik toko sekaligus penjual barang impor mewah.

"Keluhan tadi mengenai barang yang tidak masuk secara formal dan tidak masuk melalu brand official atau resmi," ujar Ani seusai berbincang dengan sejumlah pedagang, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

"Berarti barang itu masuk ke non-official. Nah, ini kan keluhan kalau orang bisa membeli barang secara menyelundup. Berarti dia menciptakan kompetisi yang tidak sehat karena tidak masuk secara formal," lanjut Ani.

Ia menuturkan, penyelundupan barang-barang impor bisa masuk ke Indonesia melalui pelabuhan-pelabuhan kecil yang ada di Indonesia. Kementerian Keuangan melalui Direktorat Jenderal Bea Cukai, kata Ani, terus memerangi praktik penyelundupan barang impor tersebut.

"Saya yakin masih bisa ditertibkan dan saya minta Ditjen Bea Cukai untuk menertibkan para importir borongan yang jadi pintu masuk barang tidak legal itu," kata Ani.

Kompas TV "Tax Amnesty" Rangkul Pedagang Tanah Abang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.