BPS: Seluruh Sektor Industri Tumbuh Positif di Kuartal III 2016

Kompas.com - 07/11/2016, 14:00 WIB
Kepala BPS Suhariyanto didampingi Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo dalam paparan indeks harga konsumen, Senin (3/10/2016). Estu Suryowati/KOMPAS.comKepala BPS Suhariyanto didampingi Deputi Bidang Statistik, Distribusi, dan Jasa BPS Sasmito Hadi Wibowo dalam paparan indeks harga konsumen, Senin (3/10/2016).
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan, seluruh sektor industri tumbuh positif di kuartal III 2016.Hal ini jika dilihat berdasarkan sektor lapangan usahanya disumbang dari sejumlah industri.

Rinciannya, dari industri pengolahan 0,96 persen, industri konstruksi 0,55 persen, industri perdagangan 0,49 persen, industri informasi dan komunikasi 0,42 persen serta industri lainnya 2,60 persen.

"Seluruh sektor industri tumbuh positif, bahkan industri pertambangan dan penggalian yang sudah sejak beberapa tahun mengalami pertumbuhan negatif, sekarang sudah positif seiring peningkatan produksi bijih besi, seperti emas dan tembaga," ujar Suhariyanto di Jakarta, Senin (7/11/2016).

Selain itu, jika dilihat penopang pertumbuhan ekonomi di kuartal III berdasarkan pengeluaran, konsumsi rumah tangga menyumbang 2,70 persen, investasi swasta menyumbang 1,30 persen, dan lainnya menyumbang 1,02 persen.

"Konsumsi rumah tangga tumbuh signifikan karena kelompok makanan minuman, restoran, pendidikan, kesehatan, transportasi dan komunikasi," terangnya.

Namun, konsumsi pemerintah mencatatkan pertumbuhan yang negatif sebesar 2,97 persen dengan kontribusi ke PDB 8,97 persen, konsumsi Lembaga Non Profit Rumah Tangga (LNPRT) tumbuh 6,65 persen dengan kontribusi 1,15 persen, serta impor minus 3,87 persen.

"Konsumsi pemerintah pada seluruh realisasi belanja pegawai, belanja barang, dan belanja bantuan sosial, termasuk ekspor dan impor masih terkontraksi lebih dalam," tandas Suhariyanto.

(Baca: Ini Alasan Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,04 Persen di Kuartal III 2016)

Kompas TV Bank Dunia Optimis Dengan Ekonomi RI 2017

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X