Ekonom: Trump Menang Pilpres AS, Ketidakpastian Makin Tinggi

Kompas.com - 09/11/2016, 18:59 WIB
Presiden terpilih AS Donald Trump menyampaikan pidato kemenangannya di hadapan pendukungnya di New York, Rabu (9/11/2016). Chip Somodevilla/Getty Images/AFPPresiden terpilih AS Donald Trump menyampaikan pidato kemenangannya di hadapan pendukungnya di New York, Rabu (9/11/2016).
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilihan presiden AS sudah menghasilkan pemenang. Donald Trump dari Partai Republik berhasil memenangkan pilpres atas pesaingnya dari Partai Demokrat, Hillary Clinton.

Tabiat Trump yang dinilai “nyeleneh” dan beberapa kebijakannya yang tidak biasa mengundang kekhawatiran investor dan pasar saham dunia.

Kepala ekonom PT Bank Mandiri (Persero) Tbk Anton H Gunawan menyebut, kemenangan Trump dalam pilpres AS mengisyaratkan ketidakpastian yang semakin tinggi.

Pasalnya, Trump dianggap akan menggulirkan kepemimpinan yang tidak tahu ke mana arahnya.

“Sinyalnya akan lebih proteksionis dan tidak terlalu bisa memberikan jaminan ketenangan dan mungkin konflik karena pendekatan yang lebih konfrontatif,” ujar Anton di Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Anton menjelaskan, dalam beberapa kali debat capres, belum terlihat substansi kebijakan yang akan dibawa oleh Trump. Sehingga, pasar cenderung masih meraba-raba dan berujung pada tingginya ketidakpastian.

Dengan demikian, Anton menilai volatilitas di pasar keuangan agak lebih besar dan perlu berjaga-jaga.

Ada kemungkinan, arah kebijakan akan terlihat pada awal Januari 2016 ketika pembahasan anggaran dilakukan di AS.

Pembahasan anggaran tersebut akan mempengaruhi suku bunga AS. Kalau ada kecenderungan perlambatan di AS, maka ada kemungkinan suku bunga AS tidak naik dalam waktu dekat.

“Kalau ada kecenderungan perekonomian AS lebih lambat, agak menguntungkan Indonesia karena kenaikan Fed Rate akan tertahan," ungkap Anton.

Baca tentang


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X