"Brexit" Jadi Pelecut Semangat WSKT Kebut Proyek Jalan Tol

Kompas.com - 25/11/2016, 15:43 WIB
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com — Tak ingin insiden yang terjadi di pintu keluar (exit) tol Brebes Timur atau "Brexit" pada lebaran tahun ini terulang pada kemudian hari, PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) mengebut pekerjaan jalan tol yang belum kelar.

Direktur Utama WSKT M Choliq menuturkan, pihaknya mendapat amanat dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-Pera) untuk mempercepat pekerjaan pembangunan jalan tol.

"Pada waktu lebaran, terjadi kemacetan luar biasa di 'Brexit'. Jangan sampai ini terulang di 2017," kata Choliq, ditemui usai RUPSLB WSKT, Jakarta, Jumat (25/11/2016).

Choliq mengatakan, jarak antara Brebes Timur dan Semarang sekitar 150 kilometer (km). Padahal, periode lebaran ke lebaran hanya berselang 11 bulan.

Proses pengeringan jalan tol saja sudah memakan waktu sekitar 28 hari sehingga pekerjaan 150 km itu harus diselesaikan dalam waktu efektif 10,5 bulan.

"Ini tugas berat karena belum ada di dalam sejarah Indonesia ini harus bisa membuat jalan 150 km dalam tempo 10 bulan," kata Choliq.

Lebih jauh, Choliq mengatakan, evaluasi terakhir yang dilakukan, target proyek jalan tol sepanjang 150 km tersebut dipangkas sepanjang 37 km, menjadi kira-kira 113 km.

Sampai dengan Oktober 2016, nilai kontrak baru WSKT mencapai Rp 61 triliun. Choliq optimistis target nilai kontrak baru Rp 66 triliun tahun ini bakal terlampaui, bahkan menembus Rp 70 triliun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.