Menko Darmin: Tim Reformasi Pajak Masih Digodok

Kompas.com - 29/11/2016, 18:11 WIB
Menteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menjadi pembicara saat acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta Convention Center, Kamis (24/11/2016). Para CEO yang tercatat dalam indeks Kompas 100 berkumpul dan berdiskusi dalam Kompas 100 CEO Forum. KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMOMenteri Koordinator bidang Perekonomian Darmin Nasution menjadi pembicara saat acara Kompas 100 CEO Forum di Jakarta Convention Center, Kamis (24/11/2016). Para CEO yang tercatat dalam indeks Kompas 100 berkumpul dan berdiskusi dalam Kompas 100 CEO Forum.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan, pelantikan Direktur Kepatuhan Internal Transformasi Sumber Daya Aparatur dan Direktur Intelijen Perpajakan hanya bagian kecil dari perbaikan Ditjen Pajak.

Menurutnya, ada hal besar yang harus segara dirampungkan pemerintah yakni membentuk Tim Reformasi Pajak. Namun kata Darmin, tim tersebut masih dalam proses penggodokan.

"Itu (pelantikan pejabat pajak) bagian kecil saja. Itu satu faktor. Tim reformasi pajak masih dalam penggodokan," ujar Darmin di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

Saat ditanya kapan pemerintah akan merilis Tim Reformasi Pajak, Darmin mengaku belum tahu. Menurutnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani yang akan mengumumkan secara langsung.

Pembentukan Tim Reformasi Pajak diharapkan mampu mereformasi dan memperbaiki tata kelola Ditjen Pajak.

Reformasi diperlukan guna menghindarkan Ditjen Pajak dari praktik korupsi. Pembentukan tim reformasi ini juga sebagai reaksi Kemenkeu terkait penangkapan Kasubdit Bukti Permulaan Direktorat Penegakan Hukum Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, Handang Soekarno, oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sebelumya, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengungkapkan bahwa Tim Reformasi Pajak akan segara diumumkan dalam waktu dekat. Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto memastikan, ada unsur Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di dalam Tim Reformasi Pajak. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.