OJK: Perkembangan Keuangan Berkelanjutan Menunjukkan Tren Positif

Kompas.com - 01/12/2016, 12:20 WIB
Konferensi pers 2016 International Sustainable Finance Forum di Westin Nusa Dua Bali, Kamis (1/12/2016). Kompas.com/ Bambang PJKonferensi pers 2016 International Sustainable Finance Forum di Westin Nusa Dua Bali, Kamis (1/12/2016).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NUSA DUA, KOMPAS.com — Perkembangan keuangan berkelanjutan terus menunjukkan tren positif. Tidak hanya di tingkat global, tetapi juga di tingkat Indonesia.

Hal ini disampaikan oleh Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Muliaman D Hadad, saat memberikan sambutan pada International Sustainable Finance Forum 2016 di Nusa Dua, Bali, Kamis (1/12/2016).

"Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai inovasi ataupun terobosan yang dilakukan, baik oleh pemerintah, OJK atau bank sentral, maupun stakeholder terkait lainnya dalam mendukung upaya global ini," kata Muliaman D Hadad.

Muliaman menjelaskan bahwa inovasi tersebut termasuk perkembangan aturan-aturan atau regulasi pendukung keuangan berkelanjutan, pemberian insentif, serta perkembangan produk dan layanan jasa keuangan, seperti perbankan, pasar modal, industri keuangan non-bank (IKNB) dengan mengedepankan penerapan prinsip-prinsip keuangan berkelanjutan.

"Perkembangan inovasi akan sangat dipengaruhi oleh munculnya ide-ide baru seiring dengan perkembangan kebijakan dan riset-riset terkait keuangan berkelanjutan," ujarnya.

Terkait dengan hal ini, OJK menyiapkan pokok-pokok pengaturan mengenai keuangan berkelanjutan yang berlaku untuk semua industri jasa keuangan.

Dalam rangka pelaksanaan implementasi keuangan berkelanjutan, OJK bekerja sama dengan beberapa lembaga internasional, seperti IFC, WWF, dan USAID, pada tahun ini untuk menerbitkan beberapa buku yang berisi mengenai panduan pelaksanaan keuangan berkelanjutan dan modul traning.

Langkah lainnya adalah meluncurkan situs sustainable finance. Ini merupakan situs yang terdapat dalam website OJK. Tujuannya menyediakan informasi terpadu mengenai keuangan berkelanjutan bagi pemangku kepentingan dalam rangka mendukung implementasi keuangan berkelanjutan di Indonesia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X