Kompas.com - 05/12/2016, 05:30 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah memastikan memastikan akan mencabut subsidi listrik pelanggan 900 Volt Ampere (VA) pada Januari 2017. Namun, kebijakan itu tidak akan menyasar para pelaku usaha kecil menengah (UKM).

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Jarman menegaskan, UKM tidak akan mengalami kenaikan (tariff listrik). 

"Jadi mereka seperti biasa industri kecil tetap dapat subsidi, bisnis kecil itu malahan sampai di bawah 6.600 VA tetap dapat subsidi,” ujar Jarman dalam acara diskusi Energi Kita di Jakarta, Minggu (4/12/2016).

Ia menuturkan, pencabutan subsidi 900 VA hanya dilakukan kepada pelanggan atau rumah tangga mampu di luar pelaku UKM.

Dari 22,9 juta pelanggan listrik 900 VA, 18,8 juta pelanggan merupakan masyarakat mampu dan akan segera dicabut subsidinya.

Sedangkan 4,1 juta pelanggan listrik 900 VA sisanya yang merupakan rumah tangga miskin dan UKM, tetap akan diberikan subsidi.

Data tersebut merupakan data dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

“Tujuanya bahwa sesuatu yang produktif tidak akan disentuh. Kami hanya sentuh dari sisi rumah tangga konsumtif,” kata Jarman.

Selain UKM, pencabutan subsidi juga tidak akan dikenakan untuk pelanggan 900 VA untuk kepentingan sosial misalnya untuk puskesmas, sekolah, dan tempat ibadah.

(Baca: Ini Alasan Pemerintah Segera Cabut Subsidi Listrik untuk Pelanggan 900 VA)

Kompas TV DPR Plin-plan soal Tarif Listrik 900 Watt

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.