Terbitkan Uang NKRI Desain Baru, BI Tak Siapkan Anggaran Khusus

Kompas.com - 20/12/2016, 19:20 WIB
Tampilan uang NKRI baru di Gedung Bank Indonesia, Senin (19/12/2016). Bank Indonesia meluncurkan uang NKRI baru dengan menampilkan 12 pahlawan nasional, Adapun uang desain baru yang diluncurkan hari ini mencakup tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam. KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNGTampilan uang NKRI baru di Gedung Bank Indonesia, Senin (19/12/2016). Bank Indonesia meluncurkan uang NKRI baru dengan menampilkan 12 pahlawan nasional, Adapun uang desain baru yang diluncurkan hari ini mencakup tujuh pecahan uang rupiah kertas dan empat pecahan uang rupiah logam.
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com – Bank Indonesia (BI) telah menerbitkan uang rupiah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) tahun emisi 2016.

Uang tersebut memuat gambar 12 orang pahlawan nasional, baik pada denominasi uang kertas maupun uang logam.

Dengan penerbitan tersebut, apakah bank sentral mempersiapkan anggaran tambahan? Kompas.com menghubungi Deputi Gubernur BI Ronald Waas untuk memperoleh penjelasan tentang hal tersebut.

Ronald menjelaskan, penerbitan uang rupiah sesuai dengan kontrak yang dibuat antara bank sentral dan Perusahaan Umum Percetakan Uang Republik Indonesia (Perum Peruri).

Menurut dia, pencetakan dan penerbitan uang NKRI desain baru pun sudah termasuk kontrak tersebut.

“Pencetakan uang tahun 2016 dan 2017 sudah ada kontrak dengan Peruri. Jadi pelaksanaannya sesuai dengan kontrak tersebut,” kata Ronald Selasa (20/12/2016).

Ronald menyatakan, bank sentral tidak mempersiapkan anggaran tambahan atau anggaran khusus.

Pasalnya, setiap tahun BI mengganggarkan untuk pencetakan uang dengan jumlah uang yang dicetak sesuai kebutuhan perekonomian.

“Yang berbeda hanya pesanan cetaknya dengan desain yang baru dan bukan dengan desain yang lama,” ujar Ronald.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X