Merger Dua Raksasa Industri Rokok Dunia Segera Terwujud

Kompas.com - 18/01/2017, 05:52 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

NEW YORK, KOMPAS.comPerusahaan rokok terbesar di dunia, British American Tobacco (BAT) dikabarkan telah menyetujui membayar 49,4 miliar dollar AS untuk mengakuisisi Reynolds American (RAI), perusahaan rokok terbesar kedua di dunia.

Merger dengan nilai fantastis ini akan mewujudkan terbentuknya raksasa rokok kelas dunia. Mengutip CNN Money, Rabu (18/1/2017), kedua raksasa rokok tersebut memiliki beberapa produk rokok dengan penjualan tertinggi di dunia, seperti Pall Mall, Camel, dan Newport.

Menggabungkan BAT dan RAI akan menciptakan emiten rokok terbesar di dunia berdasarkan penjualan bersih dan laba operasional.

BAT sudah menggenggam sekitar 42 persen saham RAI. Pada bulan Oktober 2016 lalu, BAT mengajukan penawaran senilai 47 miliar dollar AS untuk membeli sisa kepemilikan saham RAI, namun akhirnya harus menaikkan nilai penawaran guna memikat direksi RAI.

Penawaran kini mencapai 59,64 dollar AS per lembar saham, naik 26 persen di atas harga penutupan sebelum penawaran pada Oktober 2016. Jika pemegang saham dan regulator menyetujui perjanjian merger tersebut, “pernikahan” kedua raksasa rokok itu akan dihelat pada kuartal III 2017 mendatang.

Keterikatan antara keduanya berarti saling memiliki beberapa merek rokok. Misalnya, RAI memiliki hak atas merek Pall Mall di AS, sementara BAT memiliki hak atas merek tersebut di lebih dari 100 pasar internasional.

Di samping itu, perjanjian merger antara RAI dan BAT akan memungkinkan keduanya mengoptimalkan sumber daya di industri yang sedang tumbuh merangkak, seperti produk tembakau generasi berikutnya, yakni rokok elektrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber CNN Money
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.