Target KUR 2017 Rp 110 Triliun, 40 Persennya Disalurkan ke Sektor Produktif

Kompas.com - 20/01/2017, 21:50 WIB
Ilustrasi: Petani tengah memeriksa tanaman padi mereka yang siap dipanen. KOMPAS.com/HENDRIK YANTO HALAWAIlustrasi: Petani tengah memeriksa tanaman padi mereka yang siap dipanen.
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Deputi Menko Perekonomian Bidang Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir memastikan, target penyaluran kredit usaha rakyat (KUR) naik pada tahun ini.

"Tahun lalu sebesar Rp100 triliun sekarang menjadi Rp 110 triliun," ujar Iskandar usai rapat koordinasi terkait KUR di Jakarta, Jumat (20/1/2017).

Pemerintah kata Iskandar, sudah memberikan arahan kepada perbankan agar KUR disalurkan untuk sektor produktif.

Besarannya sektor produksi ditargetkan mencapai 40 persen dari Rp 110 triliun. Target penyaluran KUR untuk sektor produksi tahun ini lebih besar dari tahun lalu. Pada 2015, KUR yang tersalur ke sektor produksi hanya 17 persen saja. Sementara mayoritas sisanya, mengalir kepada sektor perdagangan. Besarannya mencapai 66 persen.

Menurut Iskandar, pemerintah memang ingin lebih progresif mendorong sektor pertanian dan perikanan pada tahun ini.

Lantaran hal itulah, 40 persen KUR ditargetkan disalurkan ke sektor produksi. "Itu tujuan kami supaya ekonomi kerakyatan yang kita dengung-dengungkan itu bisa kita percepat pencapaiannya," ucap Iskandar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X