Garuda Ajukan "Slot" Penerbangan 7 Kali Seminggu ke AS via Jepang

Kompas.com - 24/01/2017, 15:00 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Manajemen PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) tengah menunggu hasil kesepakatan antara Pemerintah Indonesia dalam hal ini Kementerian Perhubungan dan otoritas penerbangan sipil Jepang terkait pemberian slot penerbangan ke Amerika Serikat yang terlebih dahulu transit di Jepang.

"Kami masih melanjutkan kajian dan menunggu bagaimana Jepang memberikan hak angkut yang kelima," ujar Direktur Utama Garuda Indonesia, Arif Wibowo, di Kementerian BUMN, Jakarta, Selasa (24/1/2017).

Hak angkut kelima dalam hal ini adalah pemberian hak angkut maskapai asing untuk singgah dan menerbangkan penumpang ke negara lain, bukan kembali ke negara asal maskapai.

Arif juga mengatakan bahwa pihaknya terus menanyakan perkembangan tersebut ke pemerintah terkait penambahan slot penerbangan ke Amerika Serikat via Jepang. Menurut dia, penambahan slot penerbangan ke AS akan semakin meningkatkan kinerja perusahaan.

"Kami sedang follow up tindak lanjut antara Pemerintah Jepang dan Indonesia. Kalau memang hak angkut kelima memungkinkan untuk kita manfaatkan, itu berarti memberikan nilai ekonomis tersendiri," kata Arif.

Selain itu, Arif juga menegaskan bahwa Garuda Indonesia yang telah diberikan dua slot penerbangan masih belum cukup memenuhi permintaan penerbangan ke AS via Jepang.

"Enggak cukup dua slot, itu dulu. Justru ini daily flight tiga sampai empat atau setiap hari seminggu. Itu yang kita perlukan," ujarnya.

Sekadar informasi, rencana membuka kembali penerbangan ke Amerika Serikat merupakan respons terhadap hasil positif dari FAA, dan memang merupakan salah satu bagian dari rencana strategis Garuda Indonesia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.