Peluncuran Satelit Telkom 3S Dapat Sambutan Positif

Kompas.com - 07/02/2017, 16:40 WIB
Stasiun Pengendali Utama Satelit PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk Josephus PrimusStasiun Pengendali Utama Satelit PT Telekomunikasi Indonesia,Tbk
EditorAprillia Ika

JAKARTA, KOMPAS.com - Peluncuran Satelit Telkom 3S pada 14 Februari dari Guyana Space Centre, Kourou, Guyana Perancis, atau pada 15 Februari 2017 waktu Indonesia mendapatkan sambutan positif.

Pasalnya, saat ini Indonesia masih kekurangan 100 transponder satelit sebagai salah satu infrastruktur telekomunikasi. Sehingga tambahan transponder satelit dari Telkom 3S akan mengurangi ketergantungan Indonesia akan satelit asing.

Ketua Umum Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel) Kristiono menilai peluncuran dari Satelit Telkom 3S oleh PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM), atau Telkom, sebagai bagian dari upaya menegakkan kedaulatan digital Indonesia.

Menurut dia, Indonesia dengan kondisi geografis kepulauan sulit tanpa infrastruktur satelit.

Data Mastel menunjukkan saat ini lebih dari 50 satelit asing yang masuk wilayah kedaulatan Indonesia. Sementara satelit milik perusahaan Indonesia hanya 10 persennya saja.

"Satelit Telkom 3S akan memperbaiki aspek cakupan, kapasitas, dan kualitas layanan,” kata dia melalui pernyataannya, Selasa (7/2/2017).

Mastel juga mencatat, permohonan hak labuh (landing right) satelit negara lain di Indonesia hingga semester I 2016 telah mencapai 31 unit.

Angka ini naik dua kali lipat dibandingkan dengan permohonan pada semester I 2015. Jumlah tersebut juga telah menyamai permohonan hak labuh satelit di Indonesia sepanjang 2015.

Potensi Pariwisata

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya juga menyambut positif peluncuran satelit Telkom 3S tersebut seminggu ke depan.

Menurut dia, Indonesia secara geografis adalah negara kepulauan yang memiliki potensi-potensi wisata di ribuan pulau yang saat ini belum terjangkau infrastruktur telekomunikasi  dan internet secara maksimal.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X