Perusahaan Swedia Akan Investasi Listrik Tenaga Surya di Halmahera

Kompas.com - 08/02/2017, 07:20 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

TERNATE, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah, Maluku Utara, menggandeng investor asal Swedia, PT One Heart. Perusahaan ini akan membangun sistem pembangkit listrik tenaga surya dan hidrogen.

Pertemuan kedua belah pihak dilangsungkan di kantor Bupati Halmahera Tengah, Selasa (7/2/2017), antara Bupati Halmahera Tengah Al Yasin Ali dengan pihak investor Peter Rinaldo. Kerja sama ini dianggap sebagai langkah maju saat terjadinya krisis listrik di beberapa kecamatan di Halmahera Tengah.

“Kerja sama dengan investor asing asal Swedia ini merupakan solusi bagi masyarakat Halteng yang selama ini keluhkan seringnya pemadaman listrik oleh pihak PLN,” kata Ali Yasin.

Sebagai langkah awal, kata Bupati, Pemkab Halmahera Tengah akan menyiapkan lahan bagi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dan Hidrogen di Halmahera Tengah.

"Kami mohon doa dan dukungan masyarakat agar solusi penanggulangan masalah listrik di Halteng secepatnya terjawab, karena sesuai penyampaian Coordinator PT One Heart, pada 28 Februari 2017 nanti mereka akan mendatangkan kapalnya di Kabupaten Halmahera Tengah,” kata Bupati lagi.

Sementara itu, koordinator Indonesia PT One Heart, Ahmad Zaky, menambahkan, tenaga listrik yang dihasilkan merupakan kombinasi antara energi panas matahari dan hidrogen. Munculnya sistem ini ada dua cara mendapatkan energi matahari.

"Konsep ini memberikan kesempatan yang menarik untuk menciptakan ekonomi yang berkelanjutan serta mampu memenuhi seluruh kebutuhan manusia, termasuk bahan makanan, bahan kimia, pemanas, dan listrik," ujarnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.