Cegah Klaim Asing, Presiden Tetapkan 111 Pulau Kecil Terluar Indonesia

Kompas.com - 11/03/2017, 20:08 WIB
Salah satu pulau terluar di Batam, Kepulauan Riau. Sejumlah pulau di Batam  menjadi titik ukur perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Sebagian pulau itu juga dilengkapi mercusuar sebagai pemandu bagi ribuan kapal yang melintas di perairan perbatasan Indonesia-Singapura Kris MadaSalah satu pulau terluar di Batam, Kepulauan Riau. Sejumlah pulau di Batam menjadi titik ukur perbatasan Indonesia dengan negara tetangga. Sebagian pulau itu juga dilengkapi mercusuar sebagai pemandu bagi ribuan kapal yang melintas di perairan perbatasan Indonesia-Singapura
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo menetapkan 111 pulau kecil menjadi pulau terluar Indonesia. Hal itu tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2017.

Sebelumnya, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 tentang Pengelolaan Pulau-Pulau Kecil Terluar, pulau kecil keluar Indonesia hanya berjumlah 92 pulau.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, penambahan pulau terluar Indonesia itu memiliki tujuan kepentingan nasional.

“Penetapan pulau-pulau ini untuk mencegah isu okupasi atau klaim kepemilikan pulau oleh warga negara lain," ujarnya dalam keterangan pers, Jakarta, Sabtu (11/4/2017).

Pemerintah tutur Susi akan mengawasi 111 pulau-pulau tersebut dari aktivitas ilegal. Misalnya penyeludupan narkoba, perbudakan, bahkan illegal fishing.

Selain itu, ia berharap agar sumberdaya alam di 111 pulau kecil terluar bisa dimanfaatkan untuk pemerintah dan kepentingan masyakarat sekitar.

Dengan diterbitkannya Keputusan Presiden Nomor 6 Tahun 2017 ini, Peraturan Presiden Nomor 78 Tahun 2005 pasal 1 ayat (2) tentang Pengelolaan Pulau-pulau Kecil Terluar, dicabut dan dinyatakan tidak berlaku.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X