Maling Ikan di Laut Indonesia, 17 Kapal Asing Ditangkap

Kompas.com - 21/03/2017, 16:04 WIB
Penulis Yoga Sukmana
|
EditorM Fajar Marta

JAKARTA, KOMPAS.com - Laut Indonesia belum bebas dari aksi illegal fishing. Teranyar, 17 kapal asing ilegal ditangkap oleh kapal pengawas lantaran beroperasi di kawasan perairan Indonesia.

"Ditangkap karena melakukan penangkapan ikan secara ilegal," ujar Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) Eko Djalmo Asmadi dalam keterangan pers, Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Penangkapan 17 kapal tersebut dilakukan di tiga lokasi yakni perairan Natuna, Kepulauan Riau dan perairan Sulawesi Utara pada 12-17 Maret 2017. Rinciannya, 13 kapal perikanan asing berbendera Vietnam dan 4 kapal berbendera Filipina.

Kapal-kapal itu ditangkap lantaran menangkap ikan di perairan Indonesia tanpa izin, penggunaan alat tangkap yang dilarang yakni trawl, hingga mengubah nama kapal dengan nama kapal Indonesia.

Selain kapal, petugas juga mengamankan 131 anak buah kapal dari 17 kapal tersebut. Kapal-kapal tersebut melakukan pelanggaran dengan sangkaan tindak pidana perikanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 31 Tahun 2004 tentang Perikanan, sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 45 Tahun 2009.

Ancaman pidana penjara sudah menanti para pelaku illegal fishing yakni paling lama 6 (enam) tahun dan denda paling banyak Rp 20 miliar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.