Ribuan Bibit Lobster Dilepas di Wilayah Konservasi Bangsring

Kompas.com - 02/04/2017, 18:30 WIB
Enam ribu bibit lobstet dilepasliarkan di Bangsring Under Water Banyuwangi Humas Bangsring Under WaterEnam ribu bibit lobstet dilepasliarkan di Bangsring Under Water Banyuwangi
|
EditorM Fajar Marta

BANYUWANGI,KOMPAS.com - Enam ribu bibit lobster asal Bima Nusa Tenggara Barat dilepaskan di Bangsring Underwater, kawasan wisata konservasi Sabtu (1/4/2017).

Ribuan bibit lobster tersebut diamankan dari penadah di kawasan Banyuwangi. Edy Prayitno, petugas Kantor Karantina Ikan Banyuwangi kepada Kompas.com Sabtu (1/4/2017) menjelaskan bibit lobster tersebut dikirim dari Bima ke Banyuwangi kemudian disita oleh petugas polres Banyuwangi dari tangan penadah.

"Sesuai prosedur, bibit ini harus dilepasliarkan ke habitatnya dan kami memilih di Bangsring Underwater karena di sini adalah wilayah konservasi, jadi bibit lobster ini bisa berkembangbiak dengan baik," jelasnya.

Wilayah konservasi Bangsring Underwater seluas 15 hektar di selat Bali berada di wilayah Pantai Bangsring Banyuwangi. Konservasi tersebut dikelola secara mandiri oleh kelompok nelayan Samudra Bhakti dan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan Kabupaten Banyuwangi.

Sukirno, salah satu nelayan Bangsring kepada mengatakan beberapa kali pelepasliaran bibit lobster dilakukan di kawasan konservasi Bangsring Underwater.

"Di wilayah konservasi seluas 15 hektar ini nelayan dan masyarakat memang dilarang menangkap ikan dengan cara apapun baik dengan pancing ataupun jala. Jadi anakan lobster yang dilepasliarkan di daerah sini akan berkembang baik," jelasnya. 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X